1. Aspek organik
a. Menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baik sehingga
individu dapat memenuhi tuntutan lingkungannya secara memadai serta memiliki
landasan untuk pengembangan keterampian.
b. Meningkatkan kekuatan yaitu jumlah tenaga maksimum yang
dikeluarkan oleh otot atau kelompok otot.
c. Meningkatkan daya tahan yaitu kemampuan otot atau kelompok
otot untuk menahan kerja dalam waktu yang lama.
d. Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, kapasitas individu
untuk melakukan aktivitas yang berat secara terus menerus dalam waktu relatif
lama.
e. Meningkatkan fleksibelitas, yaitu; rentang gerak dalam
persendian yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang efisien dan
mengurangi cidera.
2. Aspek neuromuskuler
a. Meningkatkan keharmonisan antara fungsi saraf dan otot.
b. Mengembangkan keterampilan lokomotor
c. Mengembangkan keterampilan non-lokomotor
d. Mengembangkan keterampilan dasar manipulative
e. Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti
f. Mengembangkan keterampilan olahraga, seperti; sepak bola,
soft ball, bola voli, bola basket, baseball, atletik, dan lain-lain.
g. Mengembangkan keterampilan rekreasi, seperti, menjelajah,
mendaki, berkemah, berenang dan lain-lain.
3. Aspek perseptual
a. Mengembangkan kemampuan menerima dan membedakan isyarat.
b. Mengembangkan hubungan-hubungan yang berkaitan dengan
tempat atau ruang
c. Mengembangkan koordinasi gerak visual
d. Mengembangkan keseimbangan tubuh (statis, dinamis).
e. Mengembangkan dominansi (dominancy).
f. Mengembangkan lateralitas (laterality).
g. Mengembangkan image tubuh (body image).
4. Aspek kognitif
a. Mengembangkan kemampuan menggali, menemukan sesuatu,
memahami, memperoleh pengetahuan dan membuat keputusan
b. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan, keselamatan,
dan etika.
c. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang
terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.
d. Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsi tubuh dan
hubungannya dengan aktivitas jasmani.
e. Menghargai kinerja tubuh; penggunaan pertimbangan yang
berhubungan dengan jarak, waktu, tempat, bentuk, kecepatan, dan arah yang
digunakan dalam mengimplementasikan aktivitas dan dirinya.
f. Meningkatkan pemahaman tentang memecahkan problem-problem
perkembangan melalui gerakan.
5. Aspek sosial
a. Menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan dimana
berada.
b. Mengembangkan kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan
dalam situasi kelompok.
c. Belajar berkomunikasi dengan orang lain.
d. Mengembangkan kemampuan bertukar pikiran dan mengevaluasi
ide dalam kelompok.
e. Mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat
berfungsi sebagai anggota masyarakat.
f. Mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterima di
masyarakat.
g. Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif.
h. belajar menggunakan waktu luang yang konstruktif.
i.
Mengembangkan sikap yang
mencerminkan karakter moral yang baik.
6. Aspek emosional
a. Mengembangkan respon yang sehat terhadap aktivitas jasmani.
b. Mengembangkan reaksi yang positif sebagai penonton.
c. Melepas ketegangan melalui aktivitas fisik yang tepat.
d. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan
kreativitas.
e. Menghargai pengalaman estetika dari berbagai aktivitas yang
relevan.
Sumber Belajar:
SUKA KALAH JUDI ?
BalasHapusSUDAH TIDAK JAMAN NYA LAGI
AYO GABUNG SEKARANG JUGA
KAMI HADIR DENGAN INOVASI TERBARU DAN TERCANGGIH
POKER - DOMINO - CAPSA - CEME
Dengan Jackpot yang berlimpah
Dan Mudah menang nya setiap hari (PIN BBM : 7AC8D76B)
ini teori menurut siapa
BalasHapus