FUNGSI PENDIDIKAN JASMANI



1.      Aspek organik
a.       Menjadikan fungsi sistem tubuh menjadi lebih baik sehingga individu dapat memenuhi tuntutan lingkungannya secara memadai serta memiliki landasan untuk pengembangan keterampian.
b.      Meningkatkan kekuatan yaitu jumlah tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh otot atau kelompok otot.
c.       Meningkatkan daya tahan yaitu kemampuan otot atau kelompok otot untuk menahan kerja dalam waktu yang lama.
d.      Meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, kapasitas individu untuk melakukan aktivitas yang berat secara terus menerus dalam waktu relatif lama.
e.       Meningkatkan fleksibelitas, yaitu; rentang gerak dalam persendian yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang efisien dan mengurangi cidera.

2.      Aspek neuromuskuler
a.       Meningkatkan keharmonisan antara fungsi saraf dan otot.
b.      Mengembangkan keterampilan lokomotor
c.       Mengembangkan keterampilan non-lokomotor
d.      Mengembangkan keterampilan dasar manipulative
e.       Mengembangkan faktor-faktor gerak, seperti
f.       Mengembangkan keterampilan olahraga, seperti; sepak bola, soft ball, bola voli, bola basket, baseball, atletik, dan lain-lain.
g.      Mengembangkan keterampilan rekreasi, seperti, menjelajah, mendaki, berkemah, berenang dan lain-lain.
3.      Aspek perseptual
a.       Mengembangkan kemampuan menerima dan membedakan isyarat.
b.      Mengembangkan hubungan-hubungan yang berkaitan dengan tempat atau ruang
c.       Mengembangkan koordinasi gerak visual
d.      Mengembangkan keseimbangan tubuh (statis, dinamis).
e.       Mengembangkan dominansi (dominancy).
f.       Mengembangkan lateralitas (laterality).
g.      Mengembangkan image tubuh (body image).
4.       Aspek kognitif
a.       Mengembangkan kemampuan menggali, menemukan sesuatu, memahami, memperoleh pengetahuan dan membuat keputusan
b.      Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan, keselamatan, dan etika.
c.       Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.
d.      Meningkatkan pengetahuan bagaimana fungsi tubuh dan hubungannya dengan aktivitas jasmani.
e.       Menghargai kinerja tubuh; penggunaan pertimbangan yang berhubungan dengan jarak, waktu, tempat, bentuk, kecepatan, dan arah yang digunakan dalam mengimplementasikan aktivitas dan dirinya.
f.       Meningkatkan pemahaman tentang memecahkan problem-problem perkembangan melalui gerakan.
5.      Aspek sosial
a.       Menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan dimana berada.
b.      Mengembangkan kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan dalam situasi kelompok.
c.       Belajar berkomunikasi dengan orang lain.
d.      Mengembangkan kemampuan bertukar pikiran dan mengevaluasi ide dalam kelompok.
e.       Mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat berfungsi sebagai anggota masyarakat.
f.       Mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterima di masyarakat.
g.      Mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif.
h.      belajar menggunakan waktu luang yang konstruktif.
i.        Mengembangkan sikap yang mencerminkan karakter moral yang baik.
6.      Aspek emosional
a.       Mengembangkan respon yang sehat terhadap aktivitas jasmani.
b.      Mengembangkan reaksi yang positif sebagai penonton.
c.       Melepas ketegangan melalui aktivitas fisik yang tepat.
d.      Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas.
e.       Menghargai pengalaman estetika dari berbagai aktivitas yang relevan.
Sumber Belajar:

2 komentar:

  1. SUKA KALAH JUDI ?
    SUDAH TIDAK JAMAN NYA LAGI
    AYO GABUNG SEKARANG JUGA
    KAMI HADIR DENGAN INOVASI TERBARU DAN TERCANGGIH

    POKER - DOMINO - CAPSA - CEME
    Dengan Jackpot yang berlimpah
    Dan Mudah menang nya setiap hari (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus